Pages

Free Soup Cursors at www.totallyfreecursors.com
Free Soup Cursors at www.totallyfreecursors.com

Minggu, 04 Maret 2012

MAKANAN TRADISIONAL BETAWI

Kerak Telor Makanan Khas Betawi,


JAKARTA ― Apakah Anda kalian penyuka kerak telor khas Betawi? Siapa menyangka bila kerak telor merupakan makanan termahal saat zaman penjajahan Belanda. Kerak telorpun adalah makanan khas masyarakat Betawi yang saat ini banyak kita jumpai, apalagi bila kita berada di wisata kota tua Jakarta Pusat.
Tidak hanya ada di dalam lingkugan wisata kota tua para penjual kerak telor itu, akan tetapi kita bisa mengunjungi perkampungan Budaya Betawi, Setu Babakan, Ciganjur, Jakarta Selatan.
Kerak telor Betawi itu mahal sekali harganya, hanya orang-orang Belanda yang bisa mengonsumsinya pada zaman penjajahan dulu. Saat ini, masyarakat Indonesia juga bisa mencicipi makanan khas Betawi tersebut.
Alasan kerak telor menjadi makanan termahal, lantaran beberapa bahan yang dipakai untuk mengolahnya sangat jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Apalagi, penjajah membatasi konsumsi masyarakat kala itu. Makanan orang kaya karena di dalamnya ada ebi, telur, lada, dan itu ada sejak VOC.
Tak hanya penggunaan ebi dan telur, rempah-rempah yang digunakan juga berkualitas. Zaman dulu, satu butir lada hanya untuk orang kaya yang biasa beli. Kerak telur pakai beras ketan dan itu tergolong bahan utama yang sangat bagus.
Tak mengherankan bila di zaman penjajahan hanya orang-orang tertentu ataupun kalangan priyayi yang bisa menikmati kelezatan kerak telor Betawi.
Zaman dulu, masyarakat Indonesia hanya dijadikan budak saja. Jadi wajar kalau kita tidak bisa menikmati kerak telor Betawi, padahal yang buat orang kita sendiri

0 komentar:

Poskan Komentar